BAB 1
Tujuan Marketing Revolution adalah menukarkan nilai tambah yang
ada ke sebanyak mungkin pembeli,sesering mungkin sehingga pembeli
untung,penjual untung.
Dalam dunia
marketing ada 2 aliran;
1.Aliran ‘’MENGIGATKAN’’
2.Aliran”MENAWARKAN”
Aliran MENGINGATKAN/Branding/Institutional Marketing/Awareness,sering kali
membutuhkan biaya iklan sangat besar dan sering kali tidak menghasilkan
penjualan.Kemungkinan orang ingat dengan baik akan keberadaan produk tertentu
tetapi kalau mereka tidak mau membeli produknya,tentu akan sangat merugikan
para pengusaha yang telah mengeluarkan ratusan juta bahkan milyaran rupiah
untuk suatu iklanyang tidak meningkatkan penjualan.
Dan sering
kali aliran ini merupakan OPEN MARKETING
dimana biaya marketing tidak bisa di
ukur hasil penjualannya.
Aliran MENAWARKAN/Direct Response Marketing .Dalam aliran ini biaya marketing bisa di bandingkan dg hasil penjualan.Kegiatan marketing termasuk iklan,akan selalu di ukur hasil penjualanya.Dengan demikian,biaya marketing di keluarkan secara efektif dan efesien.Aliran ini merupakan aliran Close Marketing dimana biaya marketing bisa di ukur hasil penjualannya.Yang terbaik dari aliran Menawarkan adalah biaya marketing bisa unlimited.Kalau kita bisa mengukur berapa biaya beli per customer dan berapa ke untungan per customer.
Sebagai contoh biaya beli (biaya marketing) yang di butuhkan untuk
mendapatkan seorang customer rata rata biaya Rp.1.000.000 dan ternyata
keuntungan bersih per customer rata rata Rp.2.000.000 maka biaya marketinig
boleh unlimited.Usaha marketing yang sudah menghasilkan ini boleh di ulangi terus selama masih
menghasilkan.
Untuk merevolusi
marketing dimana berarti terjadi peningkatan penjualan secara dramatis besar dan cepat ,gunakan
sebagian kecil biaya untuk publisitas sehingga awareness meningkat.Juga karena tujuan marketing adalah menukarkan
nilai tambah yang ada ke sebanyak mungkin pembeli,sesering mungkin sehingga pembeli untung penjual untung.Maka
mestinya untuk”Menukarkan”kita perlu
‘’Menawarkan..!’’ bukan hanya Mengingatkan.
Definisi ilmu marketing adalah ilmu menyampaikan
penawaran kepada target market sehingga menjadikan penjualan yg
berkesinambungan.Sedangkan definisi ilmu
MARKETING REVOLUTION adalah ilmu menyampaikan penawaran kepada target
market sehingga terjadi peningkatan penjualan berkesinambungan secara cepat dan besar.
Pokok paling penting
dalam BISNIS bukan kantor,
Bukan Mr.Hi Tech,Bahkan
bukan Produk atau jasa
Melainkan PENAWARAN.Bisnis
belum ada sebelum
Ada PENAWARAN.
Mark Joyner
Tantangan dan pokok bahasan
pertama ilmu marketing revolution
adalah bagaimana menciptakan penawaran
yg begitu me narik & bisa di percaya,sehingga calon pembeli akan
barkata kepada diri sendiri,”Saya goblog kalau tidak mau beli”atau “Saya
beruntung bisa beli”.
Tantangan & pokok bahasan
kedua ilmu marketing revolution adalah
bagaimana menyampaikan penawaran yg
begitu menarik dan bisa di percaya kepada calon pembeli yg
tepat.Misalnya,Anda menawarkan Mercedes Benz S-Class dengan harga sangat
murah,50% di bawah harga pasar dan masih berhadiah 2 kursi pijat Osim senilai
100 juta sekaligus plus tukang pijat tetapi anda menawarkan kepada pengemis di
pinggir jalan bisa jadi yang bersangkutan hanya ketawa.Namun,misalnya pengemis
itu berjiwa pengusaha atau pernah ikut seminar atau membaca &
mempraktekan isi buku Marketing
Revolution,bisa jadi dia adalah calon
pembeli yang tepat.Karena dia akan melakukan praktek makelar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar