Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Rabu, 01 Januari 2014

Revolution Bab 3


Bab 3
BAGAIMANA NENCIPTAKAN PENAWARAN  YANG MENINGKATKAN KENIKMATAN PERCEIVED VALUE/RETURN ON INVESTMENT/HAL HAL POSITIF
>>MENINGKATKAN NILAI TAMBAH
1.BERHADIAH AKSESORIS YANGMASIH TERKAIT DENGAN PRODUK/JASA YANG DI JUAL
   Contoh;Handphone berhadiah sarungnya,sofware,tali gantungan.
                  Mobil berhadiah TV mobil,jok kulit,tirai.
2.BERHADIAH PRODUK/JASA SEJENIS YANG TERKAIT DENGAN PRODUK/JASA YANG DI JUAL
    Contoh; Beli piring berhadiah mangkok,Beli sepatu berhadiah sandal,
                   Beli seminar 3 hari berhadiah seminar 1 hari.
3.BERHADIAH PRODUK/JASA TIDAK ADA HUBUNGANYA DENGAN PRODUK/JASA YANG DI JUAL.
    Contoh; Beli emas 2 gram berhadiah payung,Buka kartu ATM gratis mug/jam dinding,
                   Beli sepeda berhadiah jam tangan.
4.MELAKUKAN UNDIAN BERHADIAH
   Contoh;Gebyar BCA,Beli mobil di undi mobil,TOUR di undi MERCEDES BENZ
       Kunci dalam memberi hadiah adalah mencari hadiah yang mahal/kesanya mahal padahal barang atau produk di beli dengan harga murah/gratis(karena di beli atau di dapat dari grosir/pabriknya/sponsor)
       Contoh praktik jurus ini adalah FIF cabang Surabaya (kridit khusus sepeda motor HONDA) Me-Launching iklan judulnya yang pertama;
“Cukup Rp200.000 anda bisa bawa motor honda” yang ke dua;
“Cukup Rp300.000 anda bisa bawa pulang sepeda motor plus meja belajar se nilai Rp450.000”
Mana menurut anda yang lebih menarik??..
     Betul, secara umum orang akan memilih yang terakhir yang lebih menarik.
Kenyataanya walaupun pada waktu itu penjualan sepeda motor Honda sedang mengalami penurunan sekitar 30%,FIF Surabaya mengalami kenaikan hampir 100%. APAKAH TIDAK RUGI? “ jawabnya, TIDAK.
Karena meja belajar  tersebut di pabriknya  sekitar Rp100.000 dan harga ritel itu memang sekitar Rp450.000
>>BAGAIMANA MEMBERI HADIAH TANPA MENGURANGI MARGIN,TAPI MALA MENDAPAT KE UNTUNGAN DARI PENJUALAN HADIAH?
Yaitu;
1.Cari hadiah yang mahal/kesanya mahal .Kalau bisa hadiah exclusive,yang tidak dimiliki oleh orang lain.
2.Kemudian beri  syarat ,untuk pembelian jumlah tertentu pembeli boleh beli hadiah dengan harga murah (Harga ini lebih murah daripada harga normal,namun tetap lebih tinggi daripada harga beli) dan
3.Beri batas waktu
Contoh Praktik;
POMPA BENSIN SHELL pernah menjalankan program:
      “Bagi setiap pembelian 20 liter boleh beli mobil mobilan Ferrari yang terdiri atas 6 varian @Rp29.500”
       Taukah anda?walaupun mobil mainan Ferrari ini resmi dengan LOGO FERRARI ,ternyata mobil mobilan ini made in China.
Apakah ongkos produksi mobil mobilan ini,yang ternyata dari plastik harganya lebih dari Rp29.500? saya yakin TIDAK.Karena di China mereka bisa menjual ballpoint mount blanc(Aspal,asli tapi palsu)dengan harga setelah di rupiahkan Rp8.000.Dan karena di batasi sampai tanggal tertentu ,hadiah mobil mobilan ferrari sudah tidak boleh di beli lagi dengan harga diskon  ketika membeli bensin,maka orang berbondong bondong membeli mobil mobilan itu dengan harga lebih mahal.Program ini memberikan ke untungan double karena selain bensin menjadi laris,menjual hadiah juga menguntungkan.
5.MEMBUAT PAKET DUA PRODUK/JASA DENGAN HARGA
Keterangan:
Ini lebih bagus daripada program diskon 50%. Karena program 50% uang yang diterima hanya setengahnya. Sedang Paket 2 dengan harga satu, uang yang diterima tetap 100% atau berarti langsung laku 2 kali program diskon 50%. Termasuk dalam program ini adalah beli 2 gratis yang ke-3.
Contoh Kembangan Lain dari Jurus ini:
Program sensasional “Diskon 100% semua barang”. Program ini dijalankan dengan cara membeli  hari ini dan membayar penuh berapapun harga  yang dibayarkan dengan memberikan voucher belanja senilai yang sudah dibayar. Jadi, di kemudian hari pelanggan bisa belanja dengan voucher tersebut seolah mendapat diskon 100%.Ini lebih menarik daripada Program Diskon 50% yang sudah umum.
6. MEMBUAT PAKET  LEBIH BESAR DENGAN HARGA LEBIH MURAH
+Contoh:
Ada sebuah perusahaan lokal membuat cairan pembersih lantai yang menjadi  Paling Laris di daerahnya karena mengandung nilai tambah satu unsur yang khas yang tidak ada di produk  sejenis  Lain.Suatu hari ada perusahaan multinasional ingin meramaikan cairan pembersih lantai dengan mengandung unsur khas tersebut. Perusahaan lokal ini mengetahui bahwa produk tersebut akan diluncurkan head to head  di daerahnya dalam waktu 6 bulan lagi.Dengan demikian, 2 bulan sebelum produk perusahaan multinasional itu diluncurkan paket setahun cairan pembersih lantai. (Misalnya,dari botol 1 liter menjadi 12 liter) dengan harga lebih murah plus bonus 3 botol 1 liter. Akibatnya produk perusahaan multinasional itu tidak laku karena orang sudah punya produk perusahaan lokal untuk 15 bulan. Perusahaan multinasional tersebut merasa gagal dan menarik produknya.
7.MEMBUAT PRODUK /JASA DENGAN ENDORSEMENT
Contoh:
Handphone Motorolla dengan Dolce & Gabbana , Handphone LG dengan prada . Mendadak handphone tersebut lebih menarik bagi kalangan tertentu.
8.MEMBUAT PAKET BANYAK PRODUK DENGAN HARGA TOTAL JAUH LEBIH MURAH DIBANDING HARGA ECERAN.              
Contoh:
Koleksi CD & VCD saya, sering kali dalam acara tertentu ,waktu tertentu, jangka waktu tertentu, saya bedakan antara harga eceran dan harga paket total.Bagi siapa pun yang membeli semua CD sering kali saya berikan diskon 30%-40%.
9.MENJELASKAN KEUNGGULAN PRODUK /JASA DIBANDING PRODUK /JASA SEJENIS
Keterangan: Dalam mempraktikkan jurus ini sering kali orang terpancing untuk menjelekkan produk orang lain. Padahal yang benar adalah menjelaskan keunggulan produk dan jasa kita bukan menjelekkan produk dan jasa orang lain.Kalau kita menjelekkan produk dan jasa orang lain,sering kali kita mendapat tentangan dari fans produk & jasa yang kita jelekkan.(Kecuali kalau Anda ingin Produk & Jasa yang Anda jelekkan malah menjadi semakin ngetop.Seperti Inul yang utang budi sama Om Rhoma Irama.SBY yang utang budi dengan orang yang menekanya).
Contoh:
Ketika ada seorang pembicara lain dalam seminarnya menjelekkan gaya pembicara lain, yang pakai lonjak-lonjak, penuh energi, penuh kegilaan (.........kelihatannya saya cukup akrab dengan pembicara yang pakai gaya ini,he he he. Anda kenal Tung Desem Waringin ? Saya kenal yang bersangkutan.Kalau Anda ketemu yang bersangkutan, tolong kirim dalam Dasyat,ya?”), Mendadak ada seorang fans TDW berdiri karena merasa tidak rela dan berbicara, “Apa yang salah, pak, dengan cara yang bersangkutan? Saya merasa cara itu lebih efektif dari pada cara Bapak  karena sekarang saya mengantuk. “Nah lho! Saya secara pribadi percaya bahawa seorang pembicara bisa sukses dengan caranya masing-masing. Anthony Robbins penuh semangat. Jim Rohn Guru Anthony Robbins sangat tenang & penuh kebijaksanaan yang mendalam. Robert T. Kiyosaki keras & disiplin . Brian Tracy tenang & penuh ilmu yang bermanfaat. Berdasarkan ilmu mengajar-belajar yang terus berkembang, manusia yang ketika belajar hanya mendengar tanpa gerakan,tanpa memberi feedback suara secara umum hanya dapat berkonsentrasi sekitar 30 s/d 40 menit.Sedang bila ia diberi kesempatan untuk “break” gerakan & membrikan feedback suara,mereka bisa berkosentrasi sampai 12 jam bahkan lebih.Oleh sebab itu,seminar saya didesain untuk banyak gerak & memberikan feedback suara.
       Jadi saran saya, ketika Anda mau membandingkan,Anda boleh membahas kekurangan yang ada hanya jangan sebut nama tau terlalu spesifik sehingga orang tahu siapa yang dimaksud. Yang terbaik adalah fokus pada kelebihan Anda bukan pada kekurangan orang lain,yang mungkin malah menjadi kelebihan orang tersebut karena kelebihan atau kekurangan adalah relatif.
10.MENJELASKAN DETAIL PROSES PEMBUATAN YANG UNGGUL
Contoh:
Aqua menjelaskan bahwa airnya diproses lewat 28 kali penyaringan
Contoh:
Seorang konsultan pemasaran ketika melihat proses pembuatan bir,ternyata minuman keras itu disuling (didestilasi/dipanaskan lalu diuapkan kemudian di embunkan sampai keluar H2O murni) sebanyak 9 kali. Konsultan ini bilang “ini harus dipaparkan”. Pemilik perusahaan bilang “Tidak masalah, menceritakan detail proses pembuatannya yang unggul ini mengesankan bir Anda punya nilai lebih dibanding bir orang lain. Cerita ini berakhir dengan sukses. Ketika cara pembuatan bir melalui 9 kali penyulingan tersebut dipaparkan, bir tersebut laris dipasarkan.
11.MENJELASKAN DETAIL FEATURES
Contoh:
Mana menurut Anda yang lebih menarik? Orang memasang iklan dijual “TV 29 inch” atau iklanya bunyinya seperti ini: “TV 29 inch, dengan subwoofer,stereo 3800 PMPO, Surround sound, Extreme Flat,Front Audio Vidio”?
Contoh:
AC Sharp Plasmacluster mengeluarkan ion positif & ion negatif membunuh virus & bakteri 99,9% dalam waktu kurang dari 1 jam. Mesin Cuci Samsung mengeluarkan ion perak + Ag membunuh bakteri penyebab itu. Membuat baju Anda bebas bau 30 hari sejak dicuci.
       Yang menarik kalau Anda lihat poin nomor 9 s/d 12, menggunakan kata-kata yang “Menjelaskan” ternyata bisa menjadikan membuat Penawaran jadi lebih menarik, membuat orang mau membeli, dan pada akhirnya meningkatkan penjjualan. Hal ini terjadi karena nilai tambah adalah berdasarkan persepsi pembeli bukan kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar