Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Senin, 09 Desember 2013

Budidaya Tanaman Merica Yang Menguntungkan

MERICA kerap hadir sebagai pelengkap menyedapkan masakan, membuat merica banyak dicari orang, tidak hanya kelezatan yang ditawarkan, tapi manfaat menyehatkan juga dimiliki oleh merica. Maka tidak heran bila budidaya merica memiliki nilai ekonomis yang patut diperhitungkan.
Tanaman merica termasuk tanaman memanjat yang punya 2 sulur yaitu sulur panjat & sulur cabang buah.
Bila digunakan sebagai bibit, sulur panjat akan menghasilkan tanaman yang punya sifat memanjat sulur panjat dan sulur cabang buah, sedangkan sulur cabang buah akan menghasilkan tanaman yang tidak memanjat atau lada perdu. Merica atau lada perdu bisa diperoleh dengan perbanyakan vegetatif dari sulur cabang buah.
Tinggi tanaman lada perdu cukup rendah hanya sekitar 90 sampai120 cm sehingga tidak butuh tiang panjat. Pembibitan untuk tanaman lada jenis perdu sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri oleh petani.
Ketersedian lada untuk kebutuhan rumah tangga dapat dilakukan dengan menanam lada perdu di pekarangan rumah bisa juga sebagai tanaman pot. Lada perdu di sekitar tanaman rumah juga sebagai tanaman hias yang cukup menarik untuk menghiasi pekarangan rumah. Tanaman lada perdu juga bisa manjadi tanaman alternatif bagi para pecinta tanaman hias.
Dalam hal budidaya merica untuk skala pertanian, lada perdu juga merupakan komoditas yang sangat menguntungkan. Untuk efisiensi usaha tani lada, diperlukan pengurangan biaya produksi. Mengingat penggunaan tiang panjat bisa menambah biaya produksi, maka lada perdu bisa menjadi salah satu alternatif usaha tani yang perlu mendapat perhatian bagi petani lada.
Dilihat dari varietas maupun hasil produksi tak beda jauh dengan lada panjat sehingga penggunaan lada perdu tidak berpengaruh pada pemasaran hasil. Penggunaan tanaman lada perdu juga mempunyai keunggulan lain jika dibandingkan dengan lada panjat, diantaranya adalah:
a. Pemeliharaan tanaman lebih mudah.
b. Pemanenan lebih mudah.
c. Berproduksi lebih awal (2 tahun).
d. Populasi tanaman per satuan luas lebih banyak (4000-4500 tanaman/ha).
e. Dapat ditanam secara tumpangsari .
f. Bisa ditanam untuk tanaman diantara tanaman tahunan.
Untuk proses pembibitan budidaya merica perdu tergolong mudah untuk dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti varietas, pemilihan pohon induk, waktu tanam, persemaian dan lain-lain. Hal tersebut harus dilakukan dengan cermat supaya menghasilkan bibit-bibit yang unggul & berkualitas.
Dalam budidaya merica atau lada ini butuh perawatan khusus di awal-awal penanaman bibit. Perlakuan tanaman yang dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan tanaman lada yang sehat dan produktifitasnya juga tinggi.
Jangan tunda lagi untuk mencobanya, selain bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri juga bisa dijual, baik pada tetangga atau di pasar. Selamat mencoba, semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar