Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Senin, 09 Desember 2013

BUDIDAYA KAPULAGA


KAPULAGA
>> adalah komoditas yang termasuk tanaman obat-obatan. Dalam perdagangan, digolongkan dalam dua jenis yaitu kapulaga sabrang dan kapulaga lokal. Sebagai tanaman obat-obatan, banyak digunakan sebagai bahan industri obat tradisional, kosmetika, farmasi, industri makanan dan minuman.
Kandungan minyak atsiri kapulaga sabrang lebih tinggi yaitu 3,5 – 7,0 % sedangkan yang lokal hanya 2,4 %. Pola pengusahaan tanaman ini oleh petani masih bersifat sambilan dengan kultur teknis yang masih tradisional, menyebabkan produktivitas kapulaga rendah. Mengingat permintaan pasar untuk kapulaga cukup tinggi, maka tanaman tersebut perlu dikembangkan untuk dibudidayakan secara intensif.
Tanaman kapulaga tidak memerlukan pengolahan tanah khusus. Cukup dengan membersihkan batu-batuan atau sisa tanaman yang ada sehingga cukup dengan pencangkulan tanah sedalam 10 cm kecuali pada lubang tanam. Bibit diletakkan sedalam 10 – 15 cm, kemudian tanah di sekitarnya dipadatkan, dengan memperhatikan tunas jangan sampai terganggu/rusak/patah.
Saat tanam yang tepat agar pertumbuhan tanaman baik dan subur, sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan (Oktober – Desember). Jarak tanam untuk kapulaga lokal 1x1,5 m; 1x2 m atau 1,5x2 m sedangkan untuk kapulaga sabrang adalah 2x1 m; 2x2 m atau 2x3 m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar